Jumat, 17 Agustus 2012

basa basi waktu ~

Bismillah...
Hidup terus berjalan, waktu terus berputar, tanpa bisa kita minta berenti atau minta 'pause' sebentar. karena idup ga akan pernah nungguin keterlambatan kita.
sedikit aja kita lamban, masa akan berubah sesuai perputarannya, dan kita gabisa nikmatin waktu yang uda kebuang, gak bisa ambil manfaat dari waktu garagara kelambanan kita.. pernah mikir gak berapa banyak waktu di idup kita yang gak kita pake? yang lewat gitu aja karena ke'bego'an kita? iyalah bego. Allah kasi waktu yang sama untuk semua manusia, bahkan untuk hewan, sehari 24 jam, pagi, siang, sore, malem.. tapi tiap hari, masing-masing orang punya hasil yang berbeda dari 'modal' waktunya itu.. ada yang berhasil jual semua dagangannya & bawa duit buat anak istri, ada yang berhasil selesein apalan Qur'annya, ada yang kelar nulis cerpen, ada yang berhasil ngabisin nyawa orang, ada yang berhasil bobol bank & ngabisin duitnya, ada juga yang berhasil ngabisin waktunya cuma buat ngomongin oranglaen..


Itulah, dengan kuantitas waktu yang sama, tiap orang pergunain waktunya dengan cara yang berbeda, ada yang ngisi waktunya dengan kebaikan, tapi gak sedikit manusia yang milih ngebuang waktunya untuk hal2 gak penting, maksiat, kejahatan, kesia-siaan, dll. itulah yang nyebabin tiap orang ngehasilin kualitas hidup yang berbeda untuk kesehariannya. hmm kalo gitu kirakira kita termasuk manusia yang mana yah? yang berhasil 'ngabisin' waktu,, atau yang berhasil 'manfaatin' waktu? nah lo, otak kita langsung muter nginget2 semua waktu yang uda kita pake. kemaren manfaat gak yaa.. taun kemaren uda ngehasilin apa aja yaa.. seumur idup ini dipake ngapain aja yaa.. emang cuma pertanyaan sederhana untuk diri kita sendiri, nginget2 kerjaan kita selama idup ampe setua ini, tapi itu salah satu introspeksi diri yang bagus untuk kita selanjutnya. ngingetin diri kalo waktu gak bisa kita adain sendiri. waktu gak bisa kita ulang, dan waktu gak bisa kita beli. jadi pinter2 kita aja ngelola waktu yang uda Allah kasi..





Hmm terus gimana dong untuk waktu2 yang uda terlanjur kebuang sia-sia? waktu yang cuma ngehasilin dosa & mudharat buat kita dan oranglain? manusia juga kan pasti ada khilafnya.. yap, maklumilah diri sendiri & pribadi oranglain, ampunilah diri untuk setiap khilaf yang uda kita lakuin.. ingetlah kalo manusia gapernah ada yang sempurna, sekalipun mereka selalu berusaha menuju kesempurnaan itu. tapi juga jangan pernah berhenti berusaha, karena yang terpenting bukanlah hasil, tapi niat & proses yang kita lakuin, juga cara yang kita pilih untuk menuju kesempurnaan tersebut.. jadi ya wajar aja kalo manusia punya memory buruk dalam idupnya.. gausah terus menghakimi diri atau nyesel ama semua yang uda terjadi. karena dari waktu2 yang uda kebuang itu sebenernya banyak pelajaran & hikmah yang bisa diambil, jadi bahan yang bisa kita pake untuk ngaca, introspeksi, dan perbaikin diri kita kedepan..


Mungkin emang gak sedikit cerita yang buruk, menyedihkan, memalukan, bahkan hina. tapi yang buruk dimasalalu bukan untuk disesalin, bukan untuk kita tangisin apalagi kita buang jauh2 semua cerita buruk itu. semua itu punya tujuan.. kasi kita pelajaran & peringatan untuk jauh2 dari semua kebodohan yang pernah kita lakuin dimasalalu. dan jadi diri kita yang baru, yang jauh lebih baik & manfaat untuk umat. jadi diri kita yang sekarang. yang lebih berharga.. karena dulu, Tuhan mau kasitau kita apa itu "keburukan", supaya kita paham apa arti "kebaikan", dan gak ngulang keburukan2 itu lagi.. hidup gak akan ada gregetnya kalo kita cuma jalanin & dapet yang indah2 doang.. makanya Tuhan kasi kita surprise dengan semua yang menurut kita "merepotkan". padahal semua hal yang baik ataupun buruk pasti ada maksud dan hikmah dibaliknya. tinggal gimana niat & usaha kita aja buat cari & ambil hikmah dari itu semua.
apa mau selalu su'udzon dan marah marah ama takdir Tuhan?
atau berusaha ikhlas dan sabar, biasain diri untuk positive thinking dan berubah jadi manusia yang lebih ada harganya..?


Ups, paling gampang emang kalo bikin teori kehidupan. manisss banget didengernya, padahal prakteknya ampun-ampunan.. maksa diri untuk ngikutin teori emang gak gampang. apalagi harus lawan emosi & napsu kita yang sering gak kekontrol. tapi ya disitulah usahanya, disitulah perang yang sebenarnya dimulai.. ngelawan setan yang ada dalam diri kita sendiri.. woohoho.. berasa aneh ya perang lawan diri sendiri. tapi emang kok musuh yang paling serem ya nafsu yang ada dalam diri kita. jadi mending kita benahin diri kita dulu sebelum repot2 ngurusin oranglaen, sebelum repot2 nyalahin oranglaen.. lha wong diri sendiri aja masih kalah ama nafsu, ama setan, kok uda repot aja ngurus orang.


Jadi, masi mau galau garagara keburukan nih?
masi mau nyeselin & nangisin masalalu yang uda nguap entah kemana?
masi mau nyalahin keadaan & oranglain garagara kesalahan kita?
hayoo ah kita ubah cara fikir & sikap kita.
jangan sampe keburukan dimasalalu jadi beban & boomerang untuk kita di masadepan. masalalu kita yang buat, kita yang simpan, dan kita juga yang tentuin mau bagaimana kita setelah masalalu buruk tersebut.


So.. jangan lagi terlalu "bikin ribet" diri sendiri garagara masalalu yang buruk.
wake up guys! waktunya kita bangkit & rebut kemenangan di masadepan..
karena waktu gak akan peduli walopun kita males-malesan..
masadepan yang cerah uda nunggu action kita sekarang.
ayo kapan mau mulai??? ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar