Kamis, 04 Oktober 2012

biasa ketawa / bicara ?

Bismillah...
banyak hal bisa jadi bahan tertawaan di dunia yang luas ini.
begitu pula, banyak hal yang bisa jadi bahan pembicaraan.
dari makhluk hidup, benda mati, hewan, tumbuhan, bayi baru lahir, ampe manusia uda wafat pun bisa jadi sasaran 'tertawaan & pembicaraan'.
waduh, masa sih segitu komplitnya ampe semua hal berpotensi untuk ditertawakan & dibicarakan???
iya lah, iya dong, sok mangga dipikir & diingat-ingat, pasti nemu deh beberapa contoh dari sampel diatas..
terus??? nah terus apa yang ada di pikiran kalian sekarang???
mau bilang waw kah? atau agak sedikit sadar kalo kita lah pelaku yang aktif 'tertawa' dan 'berbicara' tersebut???
hmm, kali ini saya cuma mau berbagi tentang masalah-masalah ringan yang 'biasa' ada di sekitar kita..
tentang tertawa, bicara, dan potensi diri sendiri untuk jadi objek dari 2 hal tersebut.


oke, kaya yang uda ditulis dikalimat pertama, banyak hal bisa jadi bahan tertawaan di dunia yang luas ini..
begitu pula, banyak hal yang bisa jadi bahan pembicaraan.
bener kan? banyak banget emang. jangan dulu ngebayangin pelm kartun, komedi, atau mereka para pelawak deh..
jangan juga ngebayangin artis-artis atau manusa-manusa di tipi yang biasa jadi bahan pembicaraan.
bayangin aja dulu diri kita sendiri. banyak hal konyol kah disana???
banyak kah hal yang bisa jadi bahan tertawaan & omongan orang???
yap. kalian tau jawabannya..
sekarang, sadar gak sih selama ini kita tuh gak banget???
sering banget ngetawain segala hal yang ada di diri oranglain, kesalahan, kelemahan, & hal-hal konyol yang ada di diri mereka.
bahkan kalo gak ada, malah kita yang caricari hal tersebut. cari kesalahan orang, cari kekocakan & kekonyolan orang, cari hal-hal memalukan dari mereka yang bisa kita ketawain.
penting gak sih??? -___-
kayanya kita ni terlalu sibuk ya ama kekurangan-kekurangan orang, terlalu sibuk koar-koar & ngetawain oranglain, terlalu sibuk cari 'berita' tentang oranglain, & mengabaikan diri kita sendiri.
ada yang jealous loh gara-gara kurang perhatian... hoho. yap diri kita ini, hati & jiwa kita sendiri aja gapernah diperhatiin, malah repot ama idup oranglain..
padahal mungkin diluar sana jutaan manusia & makhluk Allah lainnya lagi sibuk juga ngetawain kebodohan & ketololan kita.
wah... bahaya noh. berarti sama aja yah selama ini kita sibuk ngetawain diri kita sendiri??? hhm.
emang ya enak kalo ngerecokin masalah-masalah oranglain.. pasti adaa aja bahasan tentang oranglain. entah itu hal yang baik, ataupun hal buruk.
kalo uda sekali 'mendiskusikan' orang, pasti ga ada abisnya deh.. apalagi para kaum hawa. *oops


Astaghfirullah... banyak kebaikan yang kita lewatin cuma untuk ngurusin oranglain doang.
sampe-sampe diri sendiri kita lupain.. ibarat pribahasa, semut di seberang lautan tampak jelas, tapi gajah dipelupuk mata terlupakan, gak keliatan, atau mungkin sengaja gak diliat samasekali.
yah itulah yang sekarang masih kita lakukan. berkutat ama kehidupan oranglain. menertawakan hal-hal yang sebenernya juga ada dalam diri kita. kalo dipikirin, malu banget deh..
pastinya kita sering gak sadar ama hal-hal kayagitu. bahwa ternyata, sesungguhnya, pada kenyataannya, ghibah & tertawaan kita itu malah jadi booomerang untuk diri kita sendiri.
oranglain menilai banyak hal dari kita. yang paling mudah ya dari ucapan.. selanjutnya dari kebiasaan.
emang sih gak perlu jadi GR & berpikir bahwa semua orang selalu memperhatikan sikap & gerak-gerik kita.. tapi kawan, kita gak tau seberapa banyak orang menilai & berkomentar tentang kita. walopun hanya secuil yang mereka tau.. kita juga gak tau seberapa buruk/baik diri kita ini 'dimata' oranglain. karena mereka memang bisa liat, tapi gak semua dari mereka benar-benar tau & paham diri kita ini.. 

jadi sebisa mungkin jangan ampe bikin pemahaman yang salah dari sikap & ucapan kita. sibuk ngetawain orang, salah-salah malah kita yang dipermalukan.
yaa walopun kita uda berusaha untuk jadi 'baik', tapi godaan itu dateng darimana aja kawan. diam yang kita lakukan pun bisa jadi bawa keburukan kalo kita diam ditempat & waktu yang salah.





jangan pernah bersikeras bahwa diri ini ga pernah sedikitpun berghibah & ngetawain orang, karena prosesnya sering banget gak disadarin..
awalnya denger secuil doang tentang si X, lah keseringan 'mendengar' lama-lama jadi penasaran juga. nimbrung deh kita ikutan 'ngobrol' tentang X tersebut.
belum puas dengan info-info yang didengar, naluri jurnalis kita tiba-tiba muncul, butuh info yang lebih akurat, kita pun searching tentang 'kabar-kabur' yang uda bikin kita penasaran.
muncullah pertanyaan dan pernyataan-pernyataan kreatif di otak kita,
"bener gak ya si X begitu? ah masa, bukannya dia begini yah? atau jangan-jangan kayagitu? wah gak nyangka yah ternyata dia begini, padahal kan bla bla bla blaaa..."
Astaghfirullah. tuh kan panjang jadinya kalo sedikit aja kita uda denger kabar-kabur yang bikin kita jadi ngawur. ckckck. walopun awalnya kita hanya diam, tapi syetan ga akan nyerah.
mereka akan terus bikin kita penasaran & penasaran, terus-terusan deh kita kebawa ama skenario si syaithonirrojim..
dengan mikir kayagitu aja kita uda dapet dosa loh karena su'udzon ama oranglain. terlalu mudah mencerna kabar-kabur tersebut. bikin otak kita mau gak mau jadi terus mikirin.
ujung-ujungnya, pasti muncul kesimpulan-kesimpulan ngawur dari 'berita-berita' yang kita denger. sadar. gak munafik. pasti kita pernah bahkan sering kayagitu. hayo ngaku!! jujur!!
waah gaswat yah kalo sampe begitu. gak tau apa-apa uda maen menyimpulkan aja. padahal entah ya si X itu kaya apa sebenernya..
bukan gak mungkin loh kalo ternyata dia jauh lebih baik dari apa yang kita simpulkan, bahkan dibanding diri kita sendiri.
hmm kasian tu orang, image nya jadi buruk bahkan tanpa dia berbuat apa-apa. ckckck. sakit pasti ya hati mereka yang jadi korban kabar-kabur kayagitu..
difitnah secara halus.. halus banget.. diketawain secara gak langsung. bahkan oleh orang-orang terdekatnya. duuh teganya...


nah coba kalo kita yang ada di posisi kayagitu?
ngerasa idup kita lempeng-lempeng aja, sesuai aturan, adem-ayem berusaha selalu berbuat baik ama oranglain, gak ngelakuin yang nggak-nggak,
tapi diluar sana, ternyata eh ternyataaa.. jutaan otak manusia uda berpikir yang nggak-nggak tentang diri kita, tentang idup kita.
mereka uda punya simpulan tentang diri kita ini kaya apa, cuma dengan denger 'info minimalis' yang dikasih ama lingkungannya yang kurang beres.
sakit yah rasanya... dikenali dengan cara yang salah oleh oranglain, dikenali melalui jalan ghibah & kesoktahuan oleh mereka orang-orang yang kelewat kreatif...
haduuuhh. sepele sih keliatannya.. ngobrol-ngobrol tentang si X dan berujung dengan kalimat "ooh gitu toh.."
hal yang mungkin uda biasa dalam kehidupan sekitar kita, atau mungkin terlalu biasa dalam pergaulan kita.
tapi yang sepele itu yang berbahaya kawan... yang biasa itu yang dzalim kawan...
hal-hal sepele kayagitu yang seringkali 'dibiasakan' oleh orang-orang.. padahal kalo dipikir, kebiasaan sepele model begitu yang malah memudahkan kita masuk kedalam nerakaNYA.


Na'udzubillah... susah emang buat ngeRem keburukan. apalagi yang uda jadi kebiasaan atau kewajaran.
tapi apa kita mau terus-terusan ngotorin pikiran & hati kita dengan masalah-masalah idup oranglain???
semua pikiran-pikiran buruk itu bakal ngendap loh, ngotorin jiwa & pikiran kita. nutupin kebaikan yang ada.
ckckckck. ayo kita samasama tobat, mohon ampun ama ALLAH, rubah semua 'kewajaran' yang sesat tersebut.
sadarlah terlalu banyak kesepelean dan kebiasaan yang uda bikin kita jadi ummat yang buruk. ummat yang hina dihadapanNYA.
sadarlah kalo semua kesepelean dan kebiasaan itu sebenernya setan yang ngajarin. itu semua kan kebiasaan mereka, bego aja kitanya yang terus-terusan nurutin -_-
makanya kalo gak mau jadi sobat & antek-antek si syaithonirrojim, yuk paksa diri buat ngelawan mereka, pasang tameng yang kuat dengan Iman & taqwa kita pada ALLAH.SWT..
yah secara yaa hari gini setan uda canggih coy.. ilmunya untuk godain manusa, hampir-hampir nyaingin ilmunya ulama. mereka punya jutaan jalan untuk bikin kita jadi temen mereka.
gak mesti dengan dosa-dosa yang waw. tapi liatlah dunia sekarang, setan masuk dari jalan-jalan sempit sekalipun. maka dari itu kita mesti kuat jaga loyalitas kita untuk ALLAH.
mulut emang faktor yang membahayakan kalo gak kita setting dengan benar. dia bisa jadi harimau, pedang, dan hal-hal lainnya yang notabene mengerikan dan menyakitkan.
gitu juga telinga, dia menyerap setiap apapun yang didengarnya, memprosesnya dengan anggota tubuh lain..
kalo kita salah nyaring materi yang masuk, yang ada itu materi cuma jadi sampah gak berguna yang bisa membusuk dalem ati. busuk loh ya, busuk.. kasian kan ati kita???
Astaghfirullah.. semoga ALLAH selalu ngingetin & ngembaliin kita ke jalanNYA tiap kali kita khilaf.. moga ALLAH selalu pelihara Iman Islam kita dari segala jenis keburukan..
moga kita bisa selalu jadi pengingat untuk diri kita sendiri. untuk menSTOP segala macam hal-hal yang gak manfaat, untuk berani bilang GAK untuk apapun jenis keburukan.
karena setiap hal berawal dari niat yang ada dalem hati masing-masing orang, semua berawal dari kita, kalo gak kita mulai dari sekarang, gak akan ada kata selesai.
kalo kita gak berani menuliskan START untuk berusaha sekarang, ALLAH gak akan pernah menuliskan kata FINISH yang indah didepan sana...
yah, kayanya terlalu bertele-tele yah dongeng saya hari ini, tapi apapun judulnya, sekacau apapun bentuknya, seribet apapun isinya, mangga diambil yang manfaatnya aja.. *kalo ada*
karena semua yang benar hanya ada pada ALLAH, jadi ayo belajar banyak pada ALLAH ^_^ tapi juga jangan pernah enggan untuk berbagi ilmu ALLAH :)
Wallahu'alambishowab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar