Selasa, 16 Oktober 2012

satu tanya...

Bismillah. Selasa 16 oktober 2012..
serupa dengan "selasa-selasa" sebelumnya, semua aktivitas & rutinitas udah keprogram & berjalan sebagaimana mestinya. mulai dari A sampai Z udah kedikte dengan rapih. walopun ada beberapa tambahan agenda, semua tetep berjalan biasa aja, "lempeng".
tapi dibalik "kelempengan" itu ada beberapa hal yang ngusik ati, bikin otak reflek berfikir ini & itu..
mulai dari pagihari yang udah dikecewain ama diri sendiri, niat & agenda yang uda disiapin malah batal gitu aja, compong banget, kacau.. entah semangat yang terlalu menggebu, atau emang niat & usaha yang kurang sinkron, malah bikin cerita pagihari malah jadi gak asik kayagitu...ckck.

oke sekarang kita ketemu sianghari, ketemu juga ama hal-hal kecil yang "muncul" gitu aja kaya surprise di siangbolong, bikin melek. hal-hal kecil yang seolah ngingetin diri ini untuk selalu ati-ati, untuk perhatiin sekeliling gak cuma diri sendiri, untuk memperhitungkan detail dari hal-hal yang kira-kita ngefek ke idup kita.. rasanya kaget, kaya dibangunin dosen pas lagi ketiduran dikelas, wkwk. tapi sepersekian detik setelah itu, bibir ini reflek ngucap hamdalah, ALLAH baik banget negur kita dengan "hal kecil" NYA. bukan dengan hal/kejadian yang "WOW" yang bakal bikin kita makin kalangkabut. Na'udzubillah.. moga ALLAH selalu jaga kita dalam keselamatanNYA, aamiin.

yap masuk sorehari, kali ini ALLAH mau saya untuk selalu ngerendahin hati, untuk tetep sabar dalam pujian, nahan diri untuk gak melayang tinggi, untuk tetep berpijak dalam kerendahan & konsistensi hati dalam kebaikan. syukur kalo kita dapet sukses dari apa yang kita lakukan, tapi rasa-rasanya semua akan sia-sia kalo diakhir ada setitik aja kesombongan atau yang sejenisnya.. kita gak boleh ngerasa "hebat" sendiri.. ingetlah banyak faktor yang turut jadi tim sukses dalam hari-hari kita yang sulit. kebaikan & manfaat itu harus continue, gak bisa berhenti disatu titik dimana kita ngerasa puas atau berfikir bahwa itulah "puncaknya" dan semua enough. sulit sesulit-sulitnya bayangan yang ada, cobalah dilawan dengan ngelakuin hal-hal sulit tersebut. karena kita gapernah tau potensi diri sebelum mencoba. kita gapernah bisa ngukur kemampuan kalo kita cuma diem aja dan malah tenggelem ama bayangan-bayangan kesulitan yang belum tentu begitu adanya.. buktiin, bahwa gak ada yang gak mungkin. (y)


masuk malem nih, uda banyak asupan yang ngisi otak & hati, jadi nutrisi yang bagus banget buat perbaikin diri. kalo dipikir, sebenernya banyak hal yang bisa kasi manfaat untuk kita, cuma kadang *atau seringkali* kita malah gak peka ama hal-hal tersebut. mungkin mata ini terlalu sibuk mandangin hal-hal yang menurut kita indah & hebat, padahal keindahan yang sebenernya ada pada hal lain yang lebih sederhana. bukan tampilan, tapi nilai yang ada didalemnya yang kasih kita manfaat.  begitu juga mulut, telinga, tangan, kaki, seluruh anggota tubuh termasuk hati, perasaan, dan fikiran, rasanya terlalu sibuk ngurusin & merhatiin hal-hal yang menurut kita "oke" padahal gak ada "isi"nya samasekali. kita dikecohkan oleh si syaithonirrojim, pandangan kita dibikin kabur, kepekaan ati kita dibikin tumpul, rajin banget tu makhluk "ngurusin" diri kita, ampe kitanya sendiri malah terlena & lupa. wah gaswat sekalleee kalo uda begitu. itulah kenapa kita harus selalu bawa ALLAH di tiap langkah & nafas kita, biar DIA senantiasa ngelindungin kita dari si setan terkutuk.. atiati aja sob,, karena kita cuma manusia. makhluk yang katanya paling sempurna dengan kelemahannya.. so, waspadalah!!

ceritanya belum selesai sampai disini, karena yang terakhir ini sebenernya yang paling males saya bahas. astaghfirullah. tentang 1 kata, kekecewaan.
kenapa kita bisa kecewa? kenapa kita harus kecewa? dan gimana biar kita gak kecewa? banyak faktornya sob, salah satunya karena kita yang terlalu tinggi nyimpen harepan, tapi gak punya usaha yang pantas untuk gapai harepan tersebut. sampai tiba saatnya, ya kita cuma bisa kecewa karena harepan itu gapernah jadi apaapa..

mungkin cerita saya masih serupa kayagitu, yah entahlah, apa karena diri yang terlalu pede & nyantai-nyantai aja, nganggep semua aman terkendali padahal kita gapernah ngendaliin apaapa, kita cuma diem & nunggu hasil, compong, rasa pedenya uda jauh diatas sana, padahal kita gak usaha apaapa.. akhirnya? jatoh coy *pakgedebug*, sakit, sakit banget, kecewa, malu, #AyoNangis T.T
1 hal yang udah kita incer selama ini, 1 hal yang uda jadi target kita untuk ngembangin diri, meleset jauh dari apa yang kita rencanain. lagi-lagi kaget, walopun bukan surprise di siangbolong kaya tadi siang, tapi lumayan bikin kita pengen teriak WOW yang kenceng banget. mungkin ALLAH mau bilang: "jangan ketinggian pedenya im, apalagi gada usaha, ntar kalo jatoh sakit lho im, sakitt.."
oke, sebenernya itu adalah sindiran dari saya & untuk saya sendiri -_- . postingnya, yah mungkin emang bukan jatah saya. dan saya berusaha nenangin ati sambil nelen ludah & nelen rasa sesal ini sendiri. yaudalah... gapapa semalem ini saya galau dengan seonggok rasa kecewa dan rasa-rasa lain yang menuhin hati dari pagi tadi. Subhanallah banget rasanya, banyak hal terjadi, banyak hal meramaikan hati. gapapa, itung-itung introspeksi & muhasabah diri. tapi besok semua harus uda balik kaya semula. hati harus uda ikhlas ama semua yang hariini terjadi. otak gabole lagi mikirin kesempatan yang uda ilang, harus selalu posting ama apa yang ALLAH tentuin.

mungkin masih terlalu banyak pengotor yang ikut mengendap dalam semangat & optimis ini, hingga ALLAH bantu membersihkan setiap detailnya, agar semangat yang ada bisa benar-benar bersih dan sejalan dengan niatan dalam kebaikan dijalanNYA.. ALLAHUAKBAR!!
kini satu tanya tertinggal,
"ALLAHku, harus hamba bawa kemana langkah & semangat ini?" :')



 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar