Kamis, 23 Oktober 2014

For "US" --> S. Farm

Bismillahirrohmaanirrohiim...
Makin hari saya makin paham, bahwa NGE-LAB bukan sekedar MASUK LAF, STREAKPLATE, UJI, lalu PULANG. Lebih dari itu, NGE-LAB berarti SAYA HARUS CEK apa media yang akan dipakai masih ada? apa disk antibiotik masih ada? apa cawan petri & tabung yang akan dipakai sudah steril? apa ada alat-alat kotor yang harus dicuci? apa persediaan sabun, alkohol, spiritus, hand gloves & masker masih cukup? apa ada teman yang butuh bantuan saya? apa ada tugas yang belum saya penuhi? #THINK

Makin hari saya makin paham, bahwa NGE-LAB bukan lagi tentang SAYA, tapi tentang KITA. bukan hanya "bagaimana saya besok?" tapi juga "bagaimana mereka besok?" BERFIKIR & MEMPERSIAPKAN tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk partner satu TIM. menumbuhkan rasa PEKA & PEDULI, selelah & sepenat apapun otak & hati. karena egois sudah TIDAK BERLAKU disini.

Makin hari saya makin paham, bahwa DI DALAM LAB tidak hanya ada SAYA, tapi banyak manusia lainnya. maka berarti saya harus menjadi TEMAN bagi mereka, membuat mereka nyaman berada SATU LAB DENGAN SAYA. bukan menjadi orang asing yang datang & pergi hanya untuk diri sendiri. begitu juga banyak alat & barang yang HARUS SAYA JAGA. baik milik sendiri maupun orang lain. MEJA, KURSI, KOMPOR, LAP, SABUN, PAPAN, KULKAS, GUNTING, LABEL, UANG, dan lain sebagainya, yang mau tidak mau menjadi TANGGUNG JAWAB saya, dan pada akhirnya semua barang itu menjadi "teman" penelitian saya.




Makin hari saya makin paham, bahwa SKRIPSI melatih diri saya menjadi MANDIRI DI DALAM TIM. bukan malah -selalu- mengandalkan teman satu TIM. merencanakan apa yang AKAN saya kerjakan esok? apa yang BELUM beres hari ini? apa yang SALAH kemarin? kemudian merefleksikan kesemuanya menjadi KEKUATAN baru untuk hari selanjutnya, agar LANGKAH LEBIH MANTAP. Mengatur & menyiapkan planning sendiri, mencari ide & inovasi sendiri, baru kemudian berbagi pada TIM, berdialog mencari jalan & cara yang PALING BAIK untuk kesuksesan bersama.

SKRIPSI berari BEKERJA KERAS, dan menjadi TIM berarti BEKERJA SAMA. dua-duanya harus saya jalankan sebagai individu & makhluk sosial.

Makin hari saya makin paham, bahwa energi yang kita keluarkan -baik positif atau negatif- SANGAT BERPENGARUH pada SEMANGAT & KINERJA skripsi. maka berarti saya harus PAKSA DIRI menahan emosi, menjadi sebaik-baik DIRI SAYA untuk TIM ini. menularkan hanya yang BAIK dan meredam semua keburukan diri, jangan sampai TIM terpengaruh buruk hanya karena SAYA. menjaga bukan hanya SEMANGAT SAYA, tapi juga SEMANGAT KITA. sulit memang, tapi BERUSAHA akan membuat kita lebih punya harga dibanding hanya DIAM SAJA.

Makin hari saya makin paham, bahwa dibalik semua KEBERHASILAN & KEGAGALAN dalam SKRIPSI ini, dari awal pembuatan JUDUL sampai SIDANG nanti, ADA ALLOH yang selalu mengontrol SETIAP SAAT. MENGKOORDINIR setiap kebutuhan saya, MEMBANTU setiap kesulitan saya, MENEGUR setiap kelalaian saya, MENGABUL sekecil apapun do'a yang saya panjatkan. maka berarti DO'a tidak boleh berhenti. SABAR, SYUKUR, dan IKHLAS menjadi kunci mutlak dari KESUKSESAN yang saya harapkan. meminta pada ALLOH agar senantiasa membimbing saya untuk dapat menjadi SEBAIK-BAIKNYA DIRI SAYA dalam proses ini, dalam TIM ini.

Makin hari saya makin paham, bahwa SKRIPSI = BELAJAR, maka saya harus mengambil sebanyak-banyaknya ILMU dan KEBAIKAN dari PROSES ini, dari TIM ini. dan membuang setiap keburukan yang nampak. karena sudah lumrah, bahwa setiap kejadian pasti ada HIKMAH yang ALLOH simpan dibaliknya. tinggal bagaimana SAYA, akan mengambil hikmah tersebut atau meninggalkannya? menjadi orang yang beruntung atau merugi? THAT'S MY CHOICE.

because WE ARE A TEAM, So please BE CARE.
This is not only about "I" but also about "THEM"
not "YOUR bussines" but "OUR bussines"
MARI BEKERJA BERSAMA, BELAJAR BERSAMA, LELAH BERSAMA, PUSING BERSAMA, lalu kemudian SUKSES BERSAMA...

jangan pernah RAGU, MALU, atau TAKUT untuk menegur & mengingatkan saya. begitupun saya, lewat pesan ini semoga bisa MENEGUR teman-teman semua dengan hikmah. karena sesungguhnya SEDIKIT kalimat diatas adalah sebuah RENUNGAN dan TAMPARAN untuk diri saya sendiri, agar bisa BERUBAH lebih baik. ALLOH yang Maha Benar, mohon maaf untuk khilaf & dosa saya...

Sukoharjo, 19 Oktober 2014,
Untuk KITA, Tim Skripsi POLA KUMAN RSDM,
Baarokallohufiikum :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar